Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan >> pasti anda sudah tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”.Dua kata tersebut bisa dengan mudahnya ditemukan dimana mana.Sepertinya tidak mengherankan jika mengingat dampak dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh anda.

Salah satu konsekuensi utama yang bisa anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung.Diperkirakan, sebanyak 20% kematian di akibatkan oleh penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.Kenapa merokok begitu berbahaya? apa saja efek negatif lainnya dari rokok?

Lihat saja kandungan dalam satu batang rokok.Lebih dari 4000 jenis bahan kimia terdapat di dalamnya.Ratusan diantaranya zat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat kanker.Bahan bahan berbahaya yang terdapat dalam sebatang rokok antara lain :

  1. Karbon monoksida.
    Zat yang kerap di temukan pada asap kenalpot ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke dalam tubuh.( Bahaya Merokok Untuk Kesehatan )
  2. Tar.
    Ketika merokok , kandungan tar di dalam rokok akan ikut terhisap.Zat ini akan mengendap di paru paru anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru paru.
  3. Gas oksidan.
    Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen .Keberadaanya pada tubuh lebih meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.
  4. Benzene.
    Zat yang di tambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik.Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukeumia.

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan – Saat merokok,anda akan turut memasukan zat zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada tubuh,khususnya jantung.Contohnya zat nikotin.Ketika nikotin masuk ke tubuh,zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke dalam darah.Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung ,menaikan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung.Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhadap organ tubuh lainnya.Berikut adalah sedikitnya beberapa penyakit yang biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok, berikut di antaranya :

  • Kanker paru
    Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan ternyata 90% penyebab kanker paru disebabkan oleh rokok. Asap rokok secara inhalasi masuk kedalam paru-paru dan zat dari asap rokok ini telah merangsang sel-sel dalam paru-paru untuk tumbuh menjadi abnormal.
  • Kanker kandung kemih
    Rokok mengandung senyawa 2-naphthylamine dalam kadar yang tinggi dan senyawa ini mampu berubah menjadi karsinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker kandung kemih.
  • Kanker payudara
    Berdasarkan survey ternyata perempuan yang mulai merokok saat usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum mereka hamil pertama memiliki resiko sangat besar terkena kanker payudara.
  • Kanker serviks
    Salah satu penyakit-penyakit yang disebabkan rokok adalah kanker serviks. Berdasarkan hasil survey ditunjukkan bahwa 30% kematian kanker serviks disebabkan oleh kebiasaan merokok karena seorang perempuan lebih rentan terhadap penyakit seksual yang menular.
  • Kanker kerongkongan
    80% dari penyebab kanker kerongkongan adalah kebiasaan merokok. Asap rokok ternyata mampu merusak DNA dari sel kerongkongan atau esophagus.

Nah, bagaimana setelah mengetahui Bahaya Merokok Untuk Kesehatan? mungkin anda juga merasa takut jika hal hal tersebut terjadi pada diri kita, oleh karena itu lebih baik jika anda harus berhenti merokok dan juga jangan coba coba untuk merokok, karena mungkin anda juga sudah tahu apa Bahaya Merokok Untuk Kesehatan.Demikianlah artikel kami kali ini, semoga artikel kami dapat bermanfaat untuk kita semua.

Post by. Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *