Cara Mengendalikan Asma

Cara Mengendalikan Asma dengan berolahraga

cara mengendalikan asma

cara mengendalikan asma

Cara mengendalikan asma dengan berolahraga merupakan salah satu cara mengatasi asma yang sangat aman , asma terjadi karena saluran pernapasan yang mengalami penyempitan ,dengan berolahraga  secara teratur yang terpimpin, otot pernafasan akan kembali berfungsi normal, kenaikan kapasitas vital paru meningkat dan kebugaran jasmani pun menjadi lebih baik.

Faktor Pencetus Serangan Asma

A. Faktor penjamu, faktor pada pasien

  • Aspek genetik
  • Kemungkinan alergi
  • Saluran napas yang memang mudah terangsang
  • Jenis kelamin
  • Ras/etnik

B. Faktor lingkungan

  1. Bahan-bahan di dalam ruangan :
    • Tungau debu rumah
    • Binatang, kecoa
  2. Bahan-bahan di luar ruangan
    • Tepung sari bunga
    • Jamur
  3. Makanan-makanan tertentu, Bahan pengawet, penyedap, pewarna makanan
  4. Obat-obatan tertentu
  5. Iritan (parfum, bau-bauan merangsang, household spray )
  6. Ekspresi emosi yang berlebihan
  7. Asap rokok dari perokok aktif dan pasif
  8. Polusi udara dari luar dan dalam ruangan
  9. Infeksi saluran napas
  10. Exercise induced asthma, mereka yang kambuh asmanya ketika melakukan aktivitas fisik tertentu.
  11. Perubahan cuaca

studi menemukan risiko terkena asma dan serangannya bisa dikurangi dengan olahraga.

Banyak orang yang memiliki asma menghindari berolahraga karena takut bisa memicu gejala seperti sesak napas, mengi atau serangan asma yang besar. Ketakutan yang timbul ini biasanya didorong dari salahnya membaca gejala.

“Jika tidak pernah berolahraga maka pasien akan kehilangan massa otot dan kebugaran kardiovaskularnya menurun. Padahal berolahraga bisa mengurangi risiko gejala asma dan serangannya,” ujar Kristin V Carson, penulis studi, seperti dikutip dari MedIndia, Kamis (24/5/2012).

Carson menuturkan biasanya seseorang melakukan aktivitas fisik yang lebih keras secara signifikan sehingga meningkatkan kemungkinan jadi lelah dan sesak napas yang berdampak pada pengurangan aktivitas fisik.

Untuk itu Carson dan rekan melakukan studi untuk melihat efek latihan fisik pada penderita asma. Ia membandingkan pasien yang tidak menerima latihan fisik dengan pasien yang berolahraga 2-4 kali dalam seminggu.

Diketahui pasien yang melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, bersepeda atau berenang memiliki risiko lebih rendah mendapat masalah yang terkait dengan asma dibanding orang yang tidak berolahraga.

“Pasien yang melakukan olahraga akan meningkatkan kebugaran kardiovaskular yang pada gilirannya dapat mengurangi gejala asma dan serangan yang muncul,” ujar Carson.

Carson menuturkan pasien asma harus didorong untuk mau melakukan aktivitas fisik agar asmanya stabil. Jika memang ragu melakukannya, cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

(ver/ir)

 Cara mengendalikan asma dengan obat alami klik disini

kata pencarian :

cara mengendalikan asma dengan berolahraga secara teratur

cari tau  tentang cara mengendalikan asma di google klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>