Ciri-Ciri Penyakit Thalasemia

Ciri-Ciri Penyakit Thalasemia

Menyambung postingan sebelumnya gejala thalasemia dan pengertian dari penyakit thalasemia kini kami akan mengulas tentang ciri-ciri penyakit thalasemia , Penyakit thalasemia ini terjadi karena ada kelainan darah pada darah yang diturunkan dari orangttua. Pada thalasemia, ditandai rendahnya kadar Hb yang disebabkan gangguan kemampuan tubuh memproduksi sejenis protein yang disebut “rantai globin”. Padahal, rantai globin itulah bahan utama untuk membentuk hemoglobin. Jenis penyakit thalasemia dibagi menjadi dua yaitu thalasemia minor dan thalasemia mayor.

Jenis penyakit thalasemia minor adalah penyakit yang disebabkan kelainan genetik yang diturunkan orangtua. Thalasemia minor umumnya tanpa gejala. Bahkan, thalasemia minor sering disangka sebagai anemia akibat kekurangan nutrisi (anemia defisiensi zat besi). Namun, begitu dilakukan pemeriksaan darah tepi, akan menunjukkan kadar Hb yang rendag dan sel ukuran darah merahnya kecil-kecil.

Penyakit Talasemia merupakan penyakit genetik sel darah merah. Pesakit Talasemia tidak dapat menghasilkan sel darah merah yang berkualiti dalam kuantiti yang mencukupi. Ini kerana gen yang mengawal penghasilan hemoglobin telah terjejas. Hemoglobin adalah satu protein di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tisu-tisu di dalam badan kita.

Terdapat 2 jenis Talasemia yang utama iaitu Talasemia minor (pembawa gen Talasemia) dan Talasemia Major (Pesakit Talasemia). Pembawa gen Talasemia tidak menunjukkan sebarang masalah kesihatan tetapi seorang pembawa gen Talasemia boleh menurunkan gen Talasemia kepada anak-anaknnya. Manakala pesakit Talasemia major akan menunjukkan tanda-tanda sejak  dari umur 3-18 bulan.Antara gejala tersebut adalah seperti badan sentiasa lemah dan resah, kesukaran bernafas, perut buncit disebabkan pembengkakan hati dan limpa, tumbesaran terbantut dan terdapat perubahan pembentukan pada muka apabila anak semakin membesar.

Ciri – Ciri  penyakit thalasemia : 

1. Thalasemia alfa minor,

  • Terjadi bila dua gen pengatur produksi protein jenis alfa globin mengalami kelainan (abnormal) atau tidak ada. Biasanya tidak menyebabkan gangguan kesehatan berarti, namun bila sudah berbakat menderita anemia ringan, kelainan gen ini memeiliki kemungkinan besar untuk diturunkan kepada anaknya.

2. Thalasemia alfa mayor,

  • Terjadi bila seseorang sama sekali tidak memiliki gen perintah produksi protein globin. Kondisi ini dapat membuat janin menderita anemia yang parah, penyakit jantung, dan penimbunan cairan tubuh. Akibatnya, kebanyakan janin meninggal dalam kandungan (still birth), atau meninggal beberapa jam setelah lahir.

3. Thalasemia beta minor,

  • umumnya tidak bergejala. Menyebabkan pnderitanya mengalami anemia ringan dan ketidaknormalan pada sel darah merah.

4. Thalasemia beta mayor,

  • merupakan jenis yang paling parah. Umumnya bayi yang lahir akan sering sakit selama 1-2 tahun pertama kehidupannya. Gejala yang tampak adalah sering tampak pucat, rewel, dan nafsu makan rendah. Pertumbuhan dan perkembangannya juga umumnya mengalami keterlambatan akibat sirkulasi zat gizi yang tidak lancar.

Itulah ciri-ciri penyakit thalasemia , jika anda sudah mengetahuinya segera berobat dan lebih disaranka pengobatan yang alami karena yang alami tidak ada efek samping , untuk mengetahui obat alami thalasemia klik disini

ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia , ciri-ciri penyakit thalasemia ,

Ciri-Ciri Penyakit Thalasemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>