* Makanan Sehat Sinusitis *

Ada nutrisi tertentu yang dapat membantu penderita sinus, selain mengonsumsi air yang cukup, yaitu:
Yogurt.
Yogurt mengandung lactobacillus, yaitu probiotik (bakteri baik) yang dapat berkontribusi mengurangi alergi sehingga tidak memperburuk infeksi sinus. Selain itu probiotik juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Nanas.
Nanas bisa membantu mengurangi sinus karena mengandung bromelain, yaitu sebuah enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromelain mengandung sifat anti radang yang membantu mengurangi inflamasi (peradangan) dan pembengkakan di saluran hidung. Hal ini berdasarkan artikel yang dipublikasikan dalam Cellular and Molecular Life Sciences edisi Agustus 2001.
Sayuran dan buah-buahan.
Quercetin yang merupakan pigmen enzim pada tanaman yang bertanggung jawab terhadap warna dalam sayuran dan buah-buahan. Pigmen ini juga bertindak sebagai antihistamin. Quercetin ditemukan dalam buah bit, aprikot, selederi,apel, jeruk, brokoli, kecambah, ceri, kangkung, bayam, pir dan buah persik.

Sinusitis adalah radang pada lapisan mukosa sinus paranasal. Di sekitar tulang hidung kita terdapat lubang yang menyerupai gua-gua itu yang dinamakan sebagai sinus. Dan radangnya terjadi di mukosa (atau bisa kita analogikan dengan kulit) yang melapisi sinus tersebut.

Apa gejala terkena sinusitis?
Gejala sinusitis ialah :

* kesulitan bernafas karena hidung tersumbat akibat radang yang seringkali mengenai hidung,
* kehilangan kemampuan menghidu
* batuk kronis yang biasanya makin parah pada malam hari
* lemah, letih, lesu
* demam
* sakit kepala seperti ditekan, atau sakit di belakang mata
* ingus yang banyak atau ingus yang mengalir ke kerongkongan
* sakit leher
* nafas yang bau
* gangguan pendengaran
* serangan asma meningkat dan sulit diobati
* dapat juga menyebabkan keluhan pencernaan karena ingus yang tertelan
* nyeri apabila ditekan pada daerah di sekitar hidung.

Apa penyebab dari sinusitis ini?
Penyebab dari sinusitis ialah virus, bakteri dan jamur.
Bakteri yang sering menyebabkan sinusitis ialah Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenza, dan Moraxella catarrhalis. Infeksi virus sering mengawali sinusitis bakteri. Sinusitis karena jamur jarang terjadi.

PEnyembuhan Sinusitis

Ekstrak teripang ampuh mengatasi sinusitis karena bersifat antibakteri. Penelitian Prof Ridwan Hashim diri Universitas Kebangsaan Malaysia membuktikan ekstrak teripang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pneumoniae, penyebab radang sinusitis. Makhluk liliput itu terhambat pertumbuhannya berkat kandungan Phosphate buffered Saline (PBS). Selan itu ekstrak teripang mengandung 9 jenis karbohidrat, 59 jenis lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin. 10 jenis mineral, dan 5 jenis sterol. Artinya, kandungan gizi teripang amat lengkap dan bersatu-padu membangun kekebalan tubuh serta memberantas bakteri. Info lebih lanjut klik disini

Faktor resiko yang mempermudah seseorang terkena
sinusitis ialah :

* infeksi saluran pernafasan atas seperti pilek dan sakit leher
* kelainan bentuk muka
* infeksi tonsil/amandel
* infeksi gigi atau baru cabut gigi sebelumnya
* merokok
* polusi udara
* udara dingin dan kering.

Bagaimana mengobati sinusitis ini?
Terapi dari sinusitis ialah dengan pemberian antibiotik golongan Penisilin yaitu Amoksisilin, jika kuman termasuk yang resisten dapat diberikan amoksisilin-klavulanat atau sefalosporin generasi ke-2.
Pemberian antibiotik pada sinusitis diberikan selama 10-14 hari walaupun gejalanya sudah hilang.Selain itu diberikan juga dekongestan yaitu untuk mencegah hidung tersumbat, analgetik untuk menghilangkan nyeri, mukolitik untuk mempermudah sekret, steroid untuk meredakan radang, pencucian rongga hidung atau dengan pemanasan.
Pada sinusitis yang tidak sembuh-sembuh, sinusitis jamur atau sinusitis yang terdapat komplikasi maka dilakukan bedah sinus.

Apa komplikasi yang mungkin timbul akibat sinusitis?
Komplikasi dari sinusitis dapat menyebabkan :

* infeksi pada kulit di sekitar mata,
* infeksi pada mata,
* infeksi pada otak karena letaknya yang sangat berdekatan,
* infeksi pada tulang,
* infeksi pada paru seperti batuk yang tidak kunjung sembuh atau asma yang sering kambuh dan sukar disembuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *